Sejarah Singkat Prodi
Program Studi PBA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, telah berjalan selama hampir 26 tahun, secara integratif-interkonektif mewujudkan cita-cita besar UNSIQ, yaitu World Class of Qur’anic University, dengan menjadikan visi UNSIQ sebagai kampus Transformatif, Humanis dan Qurani. Pada era global sekarang, pengelolaan perguruan tinggi harus di kelola dengan profesional sebagai pusat keilmuan, pusat inovasi, pusat peradaban dan pusat kebudayaan. Bangsa ini membutuhkan ekspertis PBA yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa Qur’ani. Kebutuhan masyarakat akan PBA yang memiliki spirit Qur’ani menjadi keniscayaan, karena visi, misi dan tujuan dari UNSIQ, yaitu mewujudkan universitas yang Transformatif, Humanis dan Qur’ani, maka arah dan pengembangan Prodi PBA adalah memegang peran sebagai ujung tombak keberhasilan visi misi UNSIQ membangun World Class of Quranic University. Selanjutnya. Perjalanan sejarah tersebut juga diikuti dengan pergantian kepemimpinan Ketua Program Studi:
- Muhammad Yusuf , M.Pd.I (2012 – 2015)
- Fathurrahman, M.Pd (2015 – 2017)
- Chairani Astina, M.Pd. (2017 – 2021)
- Asep Sunarko, M.Pd.I. (2021 – 2025)
Struktur Pimpinan Prodi
Ketua Program Studi
Asep Sunarko, M.Pd.I
Keunggulan
- Pembelajaran bahasa arab yang komprehensif yang Memadukan Nilai-Nilai Luhur Pesantren
- Didukung tata Kelola yang mumpuni dan sarana dan Prasarana yang memadai untuk pengembangan bahasa arab dan kependidikan Bahasa Arab seperti Lab Bahasa, Lab Micro Teaching, Lab Ibadah, Perpustakaan fakultas dan Universitas
- Lulusan Program Studi PBA dibekali dengan sertifikasi yang menunjang seperti Sertifikasi sertifikasi TOAFL, Sertifikasi TOEFL, Sertifikasi Tahfidzdan Sertifikasi Komputer
Kurikulum
semester 1 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKN-01.02.02 |
Pancasila |
2 |
2 |
MBKN-01.02.04 |
Pendidikan Agama Islam (Tauhid dan Ilmu Kalam) |
2 |
3 |
MBKU-01.02.05 |
Tajwid dan Tahsin Al-Qur'an |
2 |
4 |
MBKU-01.02.06 |
Aswaja An-Nahdliyah |
2 |
5 |
MBKU-01.02.09 |
Bahasa Inggris |
2 |
6 |
MMKP-01.02.01 |
Sejarah Bahasa dan Budaya Arab |
2 |
7 |
MBKF-01.02.05 |
Ilmu Pendidikan Islam |
2 |
8 |
MBKF-01.02.05 |
Ilmu Ashwat |
2 |
9 |
MBKP-01.02.15 |
Maharah Istima' |
2 |
10 |
MBKP-01.02.15 |
Maharah Kalam |
2 |
semester 2 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKN-01.02.03 |
Kewarganegaraan |
2 |
2 |
MBKF-01.02.04 |
Manajemen Sekolah |
2 |
3 |
MBKN-01.02.01 |
Bahasa Indonesia |
2 |
4 |
MBKU-01.02.01 |
Tahfidzul Qur'an Dasar |
2 |
5 |
MBKU-01.02.03 |
Ulumul Qur'an |
2 |
6 |
MBKP-01.02.06 |
Ilmu Mantiq |
2 |
7 |
MBKP-01.02.17 |
Maharah Qira'ah |
2 |
8 |
MBKP-01.02.18 |
Maharah Kitabah |
2 |
9 |
MBKP-01.02.19 |
Muhadatsah dan Khitobah |
2 |
10 |
MBKP-01.02.24 |
Psikologi Belajar Bahasa Arab |
2 |
semester 3 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKU-01.02.02 |
Tahfidzul Qur'an Ayat Profesi |
2 |
2 |
MBKU-01.02.05 |
Al-Qur'an dan Sains Modern |
2 |
3 |
MBKP-01.02.04 |
Psikolinguistik |
2 |
4 |
MBKP-01.02.08 |
Sharf Dasar |
2 |
5 |
MBKP-01.02.10 |
Nahwu Dasar |
2 |
6 |
MBKP-01.02.20 |
Imla dan Insya |
2 |
7 |
MBKP-01.02.21 |
Muthalaah dan Mahfudzat |
2 |
8 |
MBKP-01.02.25 |
Pengembangan dan Telaah Kurikulum Bahasa Arab |
2 |
9 |
MBKU-01.02.07 |
Studi Pesantren |
2 |
10 |
MBKP-01.02.27 |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab |
3 |
semester 4 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKF-01.02.07 |
Statistik Pendidikan |
2 |
2 |
MBKF-01.02.10 |
Studi Pengalaman Lapangan (SPL) |
3 |
3 |
MBKP-01.02.05 |
Sosiolinguistik |
2 |
4 |
MBKP-01.02.09 |
Sharf Pengembangan |
2 |
5 |
MBKP-01.02.11 |
Nahwu Pengembangan |
2 |
6 |
MBKP-01.02.13 |
Balaghah Dasar |
2 |
7 |
MBKP-01.02.22 |
Tarjamah Arab-Indonesia |
2 |
8 |
MBKP-01.02.26 |
Desain Pembelajaran Bahasa Arab |
2 |
9 |
MBKP-01.02.03 |
Linguistik Arab |
2 |
10 |
MBKP-01.02.28 |
Media dan Sumber Pembelajaran Bahasa Arab |
2 |
semester 5 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKF-01.02.08 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
2 |
MBKF-01.02.11 |
Microteaching |
3 |
3 |
MBKP-01.02.12 |
Tathbiq al-Qawaid |
2 |
4 |
MBKP-01.02.14 |
Balaghah Pengembangan |
2 |
5 |
MBKP-01.02.23 |
Tarjamah Indonesia-Arab |
2 |
6 |
MBKP-01.02.29 |
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab |
2 |
7 |
MBKP-01.02.30 |
Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah |
2 |
8 |
MBKP-01.02.31 |
Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren |
2 |
9 |
MBKP-01.02.32 |
Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab |
2 |
semester 6 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBPP-01.02.001 |
Murasalah Arabiyah |
2 |
2 |
MBPP-01.02.002 |
Taqdim al-Maqalah |
2 |
3 |
MBPP-01.02.003 |
I'rab Al-Qur'an |
2 |
4 |
MBPP-01.02.004 |
Balaghah Al-Qur'an |
2 |
5 |
MBPP-01.02.005 |
Jurnalistik dan penyiaran Pendidikan |
2 |
6 |
MBPP-01.02.006 |
Leksikologi |
2 |
7 |
MBPP-01.02.007 |
Pengembangan Literasi Digital |
2 |
8 |
MBPP-01.02.008 |
Al-‘Arabiyyah li Aghradh Khashshah |
2 |
9 |
MBPP-01.02.009 |
Kaligrafi al-Qur'an |
2 |
10 |
MBPP-01.02.010 |
Munadharah |
2 |
11 |
MBKF-01.02.09 |
Teknik Penulisan Skripsi |
2 |
semester 7 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKU-01.02.08 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
MBKF-01.02.03 |
Profesi Keguruan |
2 |
3 |
MBKF-01.02.06 |
Bimbingan dan Konseling |
2 |
4 |
MBPP-01.02.004 |
Teknologi Informasi |
2 |
5 |
MBKP-01.02.02 |
Fiqh al-Lughah |
2 |
6 |
MBKF-01.02.05 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
7 |
MBKF-01.02.02 |
Filsafat Pendidikan Islam |
2 |
8 |
MBKF-01.02.12 |
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) |
6 |
semester 8 |
SKS |
||
No |
Kode Makul |
Nama Makul |
|
1 |
MBKU-01.02.11 |
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) |
4 |
2 |
MBKP-01.02.33 |
Skripsi |
6 |
Prestasi Prodi
Prodi Pendidikan bahasa arab memiliki beberapa prestasi yang membanggakan baik ditingkat propinsi dan nasional sepert menjadi juara pada lomba khitobah, Ghina arobi, Puisi Arab dll.
Prospek Lulusan
Profil utama lulusan Program Studi pendidikan Arab adalah sebagai berikut:
- Mampu melaksanakan tugas sebagai pengajar bahasa Arab yang ahli dan profesional, dalam arti mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, serta mampu memutakhirkan pengetahuan dan keterampilannya sesuai dengan tuntutan
- Menguasai Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Arab, Menguasai kecakapan linguistik dan keterampilan berbahasa Arab, Memiliki kepekaan sosial baik di dalam lingkungan pendidikan maupun masyarakat luas
- Memiliki kemampuan merencanakan, mendesain dan menyusun bahan ajar bahasa Arab baik cetak maupun elektronik
- Menguasai teknik menerjemah kepustakaan Arab, baik menerjemah dari arab ke Indonesia, atau sebaliknya
- Mampu mengembangkan produk-produk kreatif di bidang bahasa Arab dan Pembelajarannya. Terutama dalam mengembangkan produk media dan teknologi pembelajaran secara umum dan bahasa Arab secara khusus sekaligus mampu memasarkannya
- Mengenal, memahami, dan memiliki pengetahuan dasar seputar dunia jurnalistik dan penyiaran pendidikan, terutama mengenal cara kerja wartawan, lembaga pers (media), hukum dan etika jurnalistik, serta produk jurnalistik.