Sejarah Singkat Prodi
Saat ini ada dua program studi yang berada dibawah pengelolaan Fakultas Bahasa dan Sastra, yaitu program studi Sastra Inggris dan program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Sastra Inggris yang berdiri pada tahun 2001 dengan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/o/2001 merupakan program studi pertama yang dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Sastra, kemudian pada tanggal 29 Desember 2017, penyelenggaraan program studi pendidikan bahasa Inggris disetujui dengan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 730/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada Universitas Sains Al Qur’an di Kabupaten Wonosobo yang di Selenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Wonosobo. Salinan ijin terhadap salinan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan tinggi ini kemudian disempurnakan dengan SK Menteri RI Nomor 5976/A4.1/HK/2017 yang masih berkaitan dengan ijin pembukaan Program Studi PBi ini. Program Studi Sastra Inggris saat ini telah melalui 3 (tiga) kali akreditasi dengan peringkat B pada tahun 2006, 2011, dan 2017 Sedangkan bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris saat ini sedang dalam proses pengajuan akreditasi.
Struktur Pimpinan Prodi
Keunggulan
- Menghasilkan lulusan yang profesional dan unggul dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Inggris serta berkarakter akhlakul karimah.
- Menghasilkan karya-karya penelitian sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dengan menemukan konsep, model, dan paradigma baru terutama dalam bidang kajian ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan, pengajaran, pembinaan, dan konsultasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan nasional khususnya dalam bidang kajian ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.
- Program Pengalaman Lapangan baik dalam maupun Luar Negeri.
- Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri, pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, serta pemangku kepentingan lainnya pada tingkat nasional dan internasional
Kurikulum / Mata Kuliah (8 Semester)
Semester 1
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKN-06.02.001 |
Pendidikan Agama Islam |
2 |
2 |
MBKN-06.02.002 |
Bahasa Indonesia |
2 |
3 |
MBKN-06.02.003 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
4 |
MBDK-06.02.001 |
Pengantar Ilmu Pendikan |
2 |
5 |
MBKP-06.02.001 |
Listening for General Communication |
2 |
6 |
MBKP-06.02.005 |
Speaking for General Communication |
2 |
7 |
MBKP-06.02.008 |
Reading for General Communication |
2 |
8 |
MBKP-06.02.011 |
Sentence and Paragraph Writing |
2 |
9 |
MBKP-06.02.014 |
Basic Communicative Grammar |
2 |
10 |
MBKP-06.02.018 |
Pronunciation Skill |
2 |
11 |
MBKP-06.02.019 |
Introduction to Language |
2 |
|
|
TOTAL |
22 |
Semester 2
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKU-06.02.005 |
Al-Qur'an dan Sains Modern |
2 |
2 |
MBKU-06.02.010 |
Teknologi Informasi |
2 |
3 |
MBKN-06.02.004 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
4 |
MBDK-06.02.002 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
5 |
MBKP-06.02.002 |
Listening for Specific Interest |
2 |
6 |
MBKP-06.02.006 |
Public Speaking |
2 |
7 |
MBKP-06.02.009 |
Reading Online Information |
2 |
8 |
MBKP-06.02.012 |
Introduction to Creative Writing |
2 |
9 |
MBKP-06.02.015 |
Intermediate Grammar |
2 |
10 |
MBKP-06.02.020 |
Phonetic and Phonology |
2 |
11 |
MBKP-06.02.025 |
Introduction to Translating-interpreting |
2 |
|
|
TOTAL |
22 |
Semester 3
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKU-06.02.003 |
Tajwid dan Tahsin Al-Qur'an |
2 |
2 |
MBKU-06.02.006 |
Aswaja An-Nahdliyah |
2 |
3 |
MBDK-06.02.003 |
Teknologi Pendidikan |
2 |
4 |
MBKP-06.02.003 |
Listening in Profesional Context |
2 |
5 |
MBKP-06.02.007 |
Teaching Speaking |
2 |
6 |
MBKP-06.02.010 |
Reading Scientific Text |
2 |
7 |
MBKP-06.02.013 |
Writing for Academic Assignment |
2 |
8 |
MBKP-06.02.016 |
Advanced Grammar |
2 |
9 |
MBKP-06.02.021 |
Prose and Poetry |
2 |
10 |
MBKP-06.02.022 |
English Syntax and Morphology |
2 |
11 |
MBKP-06.02.027 |
Teaching English Based on Al-Qur'an Values |
2 |
|
|
TOTAL |
22 |
Semester 4
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKU-06.02.001 |
Tahfidzul Qur'an Dasar |
2 |
2 |
MBKU-06.02.004 |
Ulumul Qur'an |
2 |
3 |
MBKU-06.02.007 |
Studi Pesantren |
2 |
4 |
MBKU-06.02.008 |
Kewirausahaan |
2 |
5 |
MBKP-06.02.004 |
Listening for TOEFL |
2 |
6 |
MBKP-06.02.017 |
Lexico-grammar |
2 |
7 |
MBKP-06.02.023 |
Statistics in English Language Teaching |
2 |
8 |
MBKP-06.02.024 |
Cross Cultural Understanding |
2 |
9 |
MBKP-06.02.026 |
Teaching English as a Foreign Language |
2 |
10 |
MBKP-06.02.028 |
Teaching English for Young learners |
2 |
|
MBKP-06.02.029 |
Psycholinguistics for Language Teachers |
2 |
|
|
TOTAL |
22 |
Semester 5
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKU-06.02.002 |
Tahfidzul Qur'an Ayat Profesi |
2 |
2 |
MBKP-06.02.030 |
Literature in English Language Teaching |
2 |
3 |
MBKP-06.02.031 |
Semantics and Pragmatics |
2 |
4 |
MBKP-06.02.032 |
Curriculum and Material Development |
2 |
5 |
MBKP-06.02.033 |
Research in English language Teaching |
2 |
6 |
MBKP-06.02.034 |
Instructional Design |
2 |
7 |
MBKP-06.02.035 |
Language Testing and Assessment |
2 |
8 |
MBKP-06.02.036 |
Digital Technology in Education |
2 |
9 |
MBKP-06.02.037 |
Micro Teaching |
4 |
|
MBKP-06.02.038 |
Pendidikan Inklusi |
2 |
|
|
|
|
|
|
total |
22 |
Semester 6
Mata Kuliah Pilihan (Dalam Prodi)
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBKP-06.02.042 |
Writing English Text for Children * |
2 |
2 |
MBKP-06.02.043 |
English Teaching Online* |
2 |
3 |
MBKP-06.02.044 |
Edutourism* |
2 |
4 |
MBKP-06.02.045 |
Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA)* |
2 |
5 |
MBKP-06.02.046 |
Life Skill* |
2 |
6 |
MBKP-06.02.047 |
English for Qur'anic Studies* |
2 |
7 |
MBKP-06.02.048 |
English for Jurnalism* |
2 |
8 |
MBKP-06.02.049 |
Listening and Speaking for formal and informal Setting* |
2 |
9 |
MBKP-06.02.050 |
TOEFL Preparation* |
2 |
10 |
MBKP-06.02.051 |
Computational and Critical Thinking* |
2 |
11 |
MBKP-06.02.052 |
Pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan HOTS (High Order Thinking Skill)* |
2 |
12 |
MBKP-06.02.053 |
Supervisi dan Administrasi Pendidikan* |
2 |
13 |
MBKP-06.02.054 |
Trend and Issues in ELT* |
2 |
14 |
MBKP-06.02.055 |
Practicum in translating-interpreting* |
2 |
15 |
MBKP-06.02.056 |
Teaching English Based on Pesantren Culture* |
2 |
16 |
MBKP-06.02.057 |
Teacher Ethics* |
2 |
17 |
MBKP-06.02.058 |
Digital Educational Content Creator* |
2 |
18 |
MBKP-06.02.059 |
Qur'anic English Translation with Tilawatil Qur'an* |
2 |
19 |
MBKP-06.02.060 |
Extensive Reading on Fiction* |
2 |
|
|
|
38 SKS |
Mata Kuliah Pilihan di Luar Prodi dalam 1 PT (Semester 6)
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MBPP-06.02.001 |
Kaligrafi Al-Qur'an (Ragam Teknik Seni Rupa Khat Arab)** |
2 |
2 |
MBPP-06.02.002 |
BAUNA (Bahasa Arab Untuk Anak-anak)** |
2 |
3 |
MBPP-06.02.003 |
Kepramukaan untuk AUD ** |
2 |
4 |
MBPP-06.02.004 |
Pendidikan Karakter (untuk AUD) ** |
2 |
5 |
MBPP-06.02.005 |
Desain Grafis dan Animasi Pembelajaran (AUD) ** |
2 |
6 |
MBPP-06.02.006 |
Sistem Multimedia** |
3 |
7 |
MBPP-06.02.007 |
Virtual and Augmented Reality** |
3 |
8 |
MBPP-06.02.008 |
Publishing** |
2 |
9 |
MBPP-06.02.009 |
Broadcasting** |
2 |
|
|
TOTAL |
20 SKS |
Semester 7 Program MBKM
Magang / Praktek Kerja
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
|
MK Pilihan |
12 SKS |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Mengajar / Asistensi di Sekolah
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
|
MK Pilihan |
12 SKS |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Riset
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
|
MK Pilihan |
12 SKS |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Wirausaha
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
|
MK Pilihan |
12 SKS |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Project Desa
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
MBKU-06.02.011 |
Kuliah Pengabdian Masyarakat |
4 sks |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
MK Pilihan |
8 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Proyek Kemanusiaan
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
MBKU-06.02.011 |
Kuliah Pengabdian Masyarakat |
4 sks |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
MK Pilihan |
8 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Proyek Independent
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.039 |
PPL |
6 SKS |
|
MK Pilihan |
12 SKS |
MBKP-06.02.040 |
Seminar Proposal |
2 SKS |
|
TOTAL |
20 SKS |
Pertukaran Mahasiswa
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
Menyesuaikan dengan mata kuliah yang diambil |
||
TOTAL |
20 SKS |
Semester 8
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
MBKP-06.02.041 |
Skripsi |
6 |
|
TOTAL |
10 SKS |
Prestasi Prodi
- Penulis Terbaik Fiksi Tingkat Nasional tahun 2021
- Pemenang Hibah P3D Tingkat Nasional th. 2021
- Pemenang Hibah PHP2D Tingkat Nasional th. 2021
- Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang diadakan oleh Kemendikbud di sejumlah Universitas di Indonesia th. 2021
- Juara 3 Lomba Penulisan Essay Remaja Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah th. 2020
- Juara 1 “Singing Contest” tingkat Jateng dan DIY th. 2020
- Karya-karya mahasiswa yang masuk dalam jurnal-jurnal Nasional terakreditasi
- Penemuan-penemuan metode dan tehnik-tehnik pemngajaran oleh mahasiswa yang sudah mendapat Hak Karya Intelektual dari Kemenkuham.
Prospek Lulusan
- Penulis
Deskripsi: Penulis adalah seseorang yang mampu menghasilkan tulisan atau karya tulis.
Capaian Pembelajaran Lulusan: Mampu menghasilkan karya tulis kreatif lainnya yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris
- Peneliti
Deskripsi: Peneliti adalah seseorang yang melalukan praktik dalam pendidikan dan pengajarannya untuk menghasilkan pemikiran yang relevan dengan bidangnya.
Capaian Pembelajaran Lulusan: Memiliki kemampuan dalam mengkaji hal-hal
yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah.
- Lingua-preneur
Deskripsi: Linguapreneur adalah seseorang yang mampu menciptakan lapangan kerja secara mandiri dan dapat berinovasi mengembangkan pelayanan jasa dalam bidang bahasa..
Capaian Pembelajaran Lulusan: Memiliki kemampuan dalam jasa yang bergerak
dalam bidang penerjemahan, proofreading, dan interpreting bahasa Inggris.
- Pendidik (Guru dan Dosen)
Deskripsi:Pendidik adalah seseorang yang mengajarkan ilmu, memberikan bimbingan, melatih keterampilan berbahasa Inggris untuk pendidikan formal ataupun non-formal baik di tingkat sekolah maupun universitas.
Capaian Pembelajaran Lulusan: Memiliki kemampuan dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris dan memberikan bimbingan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar bahasa Inggris seperti speaking, listening, dan writing.
- Teacher-Preneur
Deskripsi: Teacher-preneur adalah seseorang yang memiliki usaha dalam menyediakan layanan pengajaran bahasa.
Capaian Pembelajaran Lulusan:
-
- Memiliki kemampuan untuk menciptakan usaha memberikan jasa pelayanan dalam bidang bahasa Inggris.
- Memiliki keahlian dan jiwa inovatif untuk mengembangkan kompetensi mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Inggris yang dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman.